Kantor Bupati Pohuwato Dibakar Massa, Apa Sebab?

Kantor Bupati Pohuwato Dibakar Massa, Apa Sebab?
Kantor Bupati Pohuwato terbakar (foto: ANTARAFOTO/Adiwinata Solihin)

Kantor bupati Pohuwato, Gorontalo rusak berat dilahap si jago merah Kamis (21/9/2023). Peristiwa tersebut dipicu oleh aksi masa unjuk rasa yang menuntut ganti rugi lahan ke perusahaan tambang emas.

Tidak hanya kantor bupati yang menjadi sasaran kemarahan massa, kantor DPRD dan rumah jabatan bupati (rujab) setempat juga menjadi sasaran kemarahan massa. 

Menurut keterangan polisi setempat, peristiwa naas itu terutama terjadi karena ada massa demonstrasi yang tidak sabar dengan informasi validasi yang disampaikan pihak perusahaan. Sayangnya ketidaksabaran itu malah berujung tindakan anarkis.

"Latar belakangnya tali asih dari perusahaan kepada tanah penambang, sudah dilaksanakan pendataan. Namun, datanya berubah-ubah terus akhirnya dari perusahaan diubah lagi, butuh waktu lagi, tapi mereka tidak sabar," jelas Kabid Humas Polda Gorontalo, AKBP Desmont Harjendro, dilansir Detik.com, Kamis (21/9/2023).

Kondisi di seputaran kantor bupati memang sudah tampak kondusif. Begitu juga di kantor DPRD dan rujab. Namun, kondisi gedung memang rusak berat.



 

Berita Lainnya

Index